Wednesday, April 3, 2013

Arti & Pengertian Bee Pollen



Sedikit banyak kita sering mendengar kata "bee pollen". Sebenarnya apakah bee pollen itu?
Asal kata dari bee pollen adalah Bee yang berarti lebah dan Pollen yang mempunyai pengertian serbuk sari bunga jantan.  Secara arti keseluruhan, bee pollen adalah sari serbuk bunga jantan yang diambil oleh lebah dan digunakan sebagai makanan pokok dari seluruh koloni lebah madu.

Pertanyaan berikutnya, bagaimana bee pollen bisa dihasilkan oleh lebah?
Lebah melakukan pengambilan bee pollen dengan cara yang simpel. Sewaktu lebah menghisap nektar (bakal madu) dari bunga, serbuk sari bersama nektar dan liur lebah terkumpul kemudian disimpan pada kantung pollen yang terdapat pada kakinya. Lihat video di bawah ini untuk lebih jelasnya.


Saya kutip dari wiki: Bee Pollen ukuranya sangat kecil dan terlihat sebagai debu yang berterbangan disekitar tanaman yang berbunga. Dari analisa kimia pollen mengandung berbagai zat yang berguna untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit. Kandungan tersebut adalah protein ( 7,1 gr per oz), asam amino ( cystine lysine, histidine, arginine, asparatic, threonine, serine, glutamic, alanine, valine, methionine, isoleusine, leucine, tyrosine, phenilalanine dan tryptophan), mineral ( kalsium, besi, potassium, fosfor, sodium, yodium, magnesium, seng, tembaga, boron, barium, chromium, mangan dan strontium), vitamin ( A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D, E ), enzim ( amilase, protease, lipase), lain-lain ( karbohidrat, serat, gula, abu, dll).

Kehebatan kandungan dan senyawa yang ada di dalamnya sampai saat ini tidak dapat di sintesa atau di buat tiruannya oleh manusia. Unsur yang terkandung didalamnya sangat kompleks, sehingga ilmuwan belum bisa membongkar semua kandungan yang ada di bee pollen ini.  Beberapa ilmuwan yakin, bahwa factor misterius ini membuat bee pollen justru memiliki nilai lebih dalam hal pemeliharaan kesehatan.

No comments:

Post a Comment